Header Ads

10 Manfaat Internet bagi dunia Pendidikan (materi kelas IX bab 1 smt 2)


Siapa yang tak kenal dengan dunia maya? Dewasa dunia maya menjadi keperluan banyak pihak mulai dari perorangan, badan usaha, pemerintah, perusahaan dan sebagainya. Keperluan akan dunia maya ini kian meningkat dari hari ke hari. Tetapi hakekatnya, apasih dunia maya itu? Lalu apa manfaatnya, misal dalam dunia pengajaran? Mari kita bahas dalam review tulisan berikut.

Sejarah

Interconnection-networking atau Online yaitu yaitu semua jaringan komputer yang saling terhubung meggunakan standar metode global untuk melayani penguna di semua dunia mengguankan metode global transmission control protocol/dunia maya protocol (TCP/IP). Jaringan komputer yang bernama dunia maya ini pertama kali disusun pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat lewat proyek yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANET). Pada mulanya mereka mendemonstrasikan bagaimana kita dapat berkomunikasi dengan jarak yang tak terhingga lewat saluran telepon memakai software dan hardware komputer berbasis UNIX. Proyek ARPANET yang merancang wujud jaringan, kehandalan dan besarnya berita yang diperoleh ini kemudian memilki standar sendiri dan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang diketahui sebagai transmission control protocol/dunia maya protocol (TCP/IP).

Pada mulanya, ARPANET yaitu proyek yang dimaksudkan untuk kebutuhan militer. Metode jaringan hal yang demikian dijadikan Departemen Pertahanan Amerika Serikat secara tersebar dengan mengaitkan komputer di tempat-tempat penting untuk menyelesaikan keadaan sulit jika terdapat serangan nuklir serta untuk menghindari adanya berita terfokus yang sewaktu-waktu bisa dihancurkan oleh musuh dikala perang. Konon ARPANET cuma mengaitkan 4 web saja yang terdiri dari  Stanford Research Institue, University of California, Santa Barbara dan University of Utah.

Sesudah disajikan secara awam pada tahun 1972, ARPANET kemudian mejadi proyek yang berkembang kencang diseluruh tempat sampai membikin segala universitas di negara hal yang demikian mau bergabung. Dikarenakan kewalahan menghadapi permintaan, ARPANET kemudian dipecah menjadi dua menjadi “MILNET” untuk kebutuhan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk melayani kebutuhan non militer. Nah, gabungan antara MILNET dan ARPANET ini disebut dengan DARPA Online, yang kemudian disederhanakan menjadi dunia maya.

Online ini kemudian dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal. Spesifikasi teknikal yaitu protokol yang menjelaskan perpindahan data antar rangkaian yang disusun menurut perbincangan Online Engineering Task Force (IETF). Nah, IRTF ini yaitu badan yang mengeluarkan dokumen yang diketahui sebagai Request for Comments (RFC), yang kemudian beberapa dari dokumen hal yang demikian diciptakan sebagai standar dunia maya (Online Standard) oleh Badan Arsitektur Online (Online Architechture Board).

Sebagian protokol yang acap kali diaplikasikan dalam dunia maya antara lain IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP dan SSL. Meski layanan yang populer dalam dunia maya memakai protokol hal yang demikian yakni surat eletronik (e-mail), Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (file sharing), world wide laman (WWW), Gopher, jalan masuk sesi (session access), WAIS, finger, IRC, MUD dan MUSH. Online juga memungkinkan pengguna untuk menerima layanan terbaru seperti laman radio webcast dan sebagainya yang bisa diakses di semua dunia.



Manfaat Online Bagi Pengajaran

Online memungkinkan pengguna untuk mempunyai jalan masuk yang gampang atas beraneka ragam berita. Malah diandingkan dengan buku dan perpustakaan, penyebaran berita dan data lewat dunia maya bisa dikatakan lebih ekstrim. Online sudah banyak memberi pengaruh ilmu dan pandangan dunia. Dalam dunia pengajaran, dunia maya memberikan manfaat antara lain sebagai berikut.

Sarana mencari berita
Online bisa diaplikasikan sebagai sarana mencari beraneka berita di dunia pengajaran, yang malahan lebih update dari buku ataupun perpustakaan. Bisa dikatakan pula bahwa hampir segala berita mengenai pengajaran bisa kita jalan masuk lewat dunia maya, antara lain seperti materi pembelajaran, kurikulum, silabus, soal-soal ataupun metode melaksanakannya.



Sarana memudahkan pencarian rujukan
Kecuali sebagai sarana mencari berita, dunia maya juga memudahkan pengguna untuk pencarian literatur. Cuma dengan mengetikkan kata kunci pantas dengan kemauan Anda, karenanya berita yang berkaitan dengan kata kunci hal yang demikian akan langung tersedia.


Sebagai sarana pelajaran
Online bisa diaplikasikan sebagai sarana pelajaran bagi siswa untuk mencari berita lebih mengenai materi yang belum, sedang dan akan dipelajari di sekolah. Selain ini juga sama berlakunya untuk mahasiswa. Kecuali itu, dunia maya juga yaitu wadah yang memberikan kans bagi siapa saja untuk mempelajari hal-hal baru lewat kiat&trik ataupun panduan mengenai sesuatu hal.


Menyediakan fasilitas multimedia
Online sebagai penyedia berita mempunyai kelebihan diperbandingkan dengan buku. Untuk mendapatkan berita dari dunia maya, orang bisa membaca, memperdengarkan,menonton video dari dunia maya. Kecuali itu, dengan fasilitas multimedia di dunia maya ini bisa menolong mempermudah pengguna untuk lebih memahami infromasi sebab adanya tambahan figur, gambar, kartun dan sebagainya.



Penyedia sumber berita yang relatif murah
Bagi orang yang memerlukan berita secara sesaat ataupun mendadak, dunia maya yaitu penyedia sumber berita yang diperlukan yang relatif murah jika diperbandingkan dengan membeli buku ataupun majalah. Kecuali itu dunia maya juga meringankan muatan siswa ataupun mahasiswa yang tak sanggup dalam mencari materi pelajaran tanpa semestinya membeli buku yang notabene lebih mahal.



Sebagai penyedia sumber pembelajaran tambahan
Online bisa memungkinkan pengguna untuk mendapatkan berita tambahan atau sumber pembelajaran tambahan yang tak diperoleh di sekolah.



Sarana mencari beasiswa

Menunjang segala berita mengenai beasiswa bisa kita jalan masuk di lingkunga sekolah ataupun kampus. Dengan dunia maya, kita juga bisa mengakses berita mengenai beasiswa di dalam ataupun di luar negeri secara lebih luas.



Maya pengontrolan bahasa asing
Online memungkinkan pengguna untuk mengakses berita tanpa batas, termasuk berita yang penting dan menarik dari luar negeri. Selain ini bisa mensupport pengguna untuk merajai bahasa asing dengan metode yang menarik, semisal dengan membaca tulisan yang disukai, memperdengarkan nyanyian, menonton info dan sebagainya dalam bahasa asing hal yang demikian.

Maya kreatifitas dan kemandirian
Infromasi yang didapat lewat dunia maya bisa memberikan seseorang pandangan baru untuk lebih mengoptimalkan kreatifiasnya dalam berkarya. Online juga bisa mensupport dan menyemangati siswa ataupun mahasiswa dalam mengoptimalkan intelektual bisa mengoptimalkan penelitian dan ilmu pengetahuan bagus secara teoritis ataupun terapan. Kecuali itu, orang yang lihai dalam memakai dunia maya juga menonjol lebih mandiri dalam mencari infromasi yang diperlukan.


Sarana pengajaran jarak jauh

Online memungkinkan kita untuk menjalankan pengajaran jarak jauh. Malah ada sebagian universitas yang menyediakan kuliah online yang memungkinkan mahasiswanya untuk melaksakan kuliah dengan jarak jauh. Atau, kitapun bisa mengakses modul pelajaran dari jarak yang jauh tanpa peduli dimana saja kita berada.


Sarana penyimpanan berita
Maya, berita ataupun materi pembelajaran yang kita catat dalam buku bisa sirna ataupun terselip entah di mana. Dengan adanya dunia maya, Anda bisa menaruh beraneka ragam berita ataupun materi pembelajaran di dunia maya dan bisa Anda jalan masuk sewaktu-waktu tanpa takut kehilangan.


Meskipun Negatif Online

Senantiasa demikian, dunia maya juga bisa memberikan akibat negatif bagi dunia pengajaran seperti berikut.

Meskipun siswa malas
Mudahnya jalan masuk dan kelebihan yang ditawarkan oleh dunia maya tak jarang membikin siswa lebih malas dan kurang produktif. Dengan keyakinan bahwa akan senantiasa ada berita yang tersedia di dunia maya adakalanya membikin siswa cuma mengkopi dan tempel infromasi yang ada di dunia maya.

Mengurangi konsentrasi
Banyaknya aplikasi menarik di dunia maya seperti sosial media maupun aplikasi chatting adakalanya memberikan gangguan terbesar bagi siswa dalam belajar.  terhubung dalam dunia online bisa mengakibatkan kurang konsentrasinya siswa dalam bidang akademik, olahraga ataupun kesibukan esktrakuliluler.

 yaitu berita yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat dunia maya bagi dunia pengajaran. Bagaimanapun juga, dunia maya bagaikan dua mata pisau yang berbeda. Senantiasa dia memberikan banyak manfaat secara khusus bagi dunia pengajaran, di sisi lain dia juga memberikan akibat negatif. Semoga kita lebih bijaksana dalam menerapkannya.

Tidak ada komentar